Kajian Al-qur'an Pagi & Petang

Dan
bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas" (Al-kahfi:28)

Kamis, 27 Januari 2011

KAjian Iman


Kesibukan manusia dalam menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan ini kadangkala membuat kita tidak sempat memikirkan sesuatu perkara yang harusnya lebih utama dari perkara-perkara yang lain. Arti dan tujuan hidup manusia jika kita sandarkan dengan akal fikiran dan hawa nafsu manusia tentuny akan akan banyak perbedn antara manusia yang stud an yang lainnya. Ada sebagian manusia yang tujuanya ingin menjadi orang yang kaya raya, dan juga ada sebagian manusia yang tujuannya dalam hidup ingin mendapatkan kedudukan/jabatan yang tinggi di tengah-tengah masyarakat. ALLAH Swt. Tidak melarang kita menjadi orang yang kaya dan mempunyai jabatan yang tinggi dalam kehidupan ini. Tetapi ALLAh Swt mengingatkan Manusia seluruhnya agar tujuan dalam hidupnya tidak hanya sebatas dalam kehidupan didunia saja tetapi berlanjut sampai ke Negri AKHIRAT.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. ( Az-zariyat:56)

Orang yang cerdas dan mempunyai wawasan yang luas tentunya akan menginginkan kebahagian yang didapatnya akan kekal dan abadi dan tidak hanya sesaat. Oleh karena itu ALLAH Swt. Memberikan cara kepada manusia untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan yang tanpa batas dan tidak hanya sesaat. Mari kita perhatikan firman ALLAh Sebagai berikut:

“Dijadikan indahpada (pandangan)manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas ,perak, kuda pilihan binatang-bnatang ternak dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup didunia, dan disisi ALLAH-lah tempat kembali yang baik (Surga)”(Ali-imran:14)

Katakanlah, "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?" Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridaan Allah, Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya” ) (Ali-imran:15)).

Yaitu) orang-orang yang berdo'a, "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka," )(Ali-imran:16)

(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (Ali-imran:17)

Ayat diatas menggambarkan tentang kesenangan di dunia dan kenikmatan disurga, yang kekal dan abadi. Tentunya sebagai manusia yang berfikir tentunya akan selalu berusahasekuat tenaga untuk mendapatkan kenikmatan yang kekal dan abadi dan tidak hanya kesenangan yang bersifat sementara yang dibatasi oleh usia. Oleh karena itu, mari kita menjadi manuia yang beriman dan selalu mengerjakan amal-amal kebaikan Ikhlas karena ALLAH semata, agar kita tergolong menjadi penghuni Surga yang kekal abadi selamanya.

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan, "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.( Al-baqarah:25)


Tidak ada komentar:

Saran Dan kritik Sehat Anda.

KOSONGKAN KODE "CENTANG", , ""