Kajian Al-qur'an Pagi & Petang

Dan
bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas" (Al-kahfi:28)

Rabu, 19 Januari 2011

Kenapa kita merasa Susah hati??

Manusia seringkali tidak merasa Nikmat dalam menjalankan kehidupan ini. apa yang terjadi sebenarnya?? Mari kita baca Surah Al-ma'arij ayat 19-23:

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.

Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,
dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,
kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat,
yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya,
(Al-ma'arij: 19-24)

ketidak nyamanan sebagian manusia dalam menjalankan hidup itu akibat salahmanusia itu sendiri. barangkali sebagian manusia yang tidak merasa nyaman dalam hidupnya disebabkan bukan termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat. sehingga dalam hidupnya yang ada hanyalah sifat keluh kesah..

kenapa demikian?? apakah yang menghalangi manusia untukmendapatkan kenyamanan hidup yang datang dari ALLAH??? mari kita lanjutkan baca surah Al-a'raf:16-17 ayat:

Iblis menjawab, "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus ( Al-a'raf:16)
kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat) (Al-a'raf:17)

yang menghalangi manusia mendapat kenyamanan dan ketentraman dalam hidup ini yaitu syeitan laknatulllah. karena manusia senantiasa digoda dari depan belakang kanan dan kiri agar manusia itu tidak bersyukur terhadap apa yang ALLAH anugrahkan dan karuniakan, sehingga dengan tidak mensyukuri apa yang telah ALLAH anugrakan datanglah rasa kegelisahan karena tidak merasa puas(bersyukur) dengan apa yang ALLAH berikan. otomatis hidup kita akan selalu merasa tidak nyaman dan selalu dalam kepayahan. karena janji ALLAH akan senantiasa
menambah kenikmatan kepada mereka yang Menyukuri Karunia ALLAH.

Mari kita baca Surah Ibrahim:7

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Q.s. Ibrahim:7)

ayat diatas sungguh sangat jelas. ketidak nyamanan kita dalam menjalankan hidup ini akibat tidak bersyukur dan selalu mengngkari nikmat yang ALLAH karuniakan. jika dalam hidup ini kita penuhi dengan rasa syukur dan ikhlas maka akan datang kenikmatan hidup yang murni yang datang dari ALLAH Swt.. oleh karena itu marilah kita menyukuri karunia ALLAH dengan cara yang benar yang telah ALLAH perintahkan agar kita terlepas dari rasa khawatir hidup.

mari kita baca Surah: Al-baqarah:38

Kami berfirman, "Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (al-baqarah:38)

Allah memberitahukan jika kita dalam hidup ini menjalankan hidup sesuai petunjuk ALLAH, maka janji ALLAH kita akan dijauhkan dari rasa kekhawatiran dan rasa sedih hati. sehingga datanglah kenikmatan hidup karena kita terlepas dari perasaan khawatir.

Saudaraku..... mari jalankan apa yang ALLAH perintahkan dan kita tinggalkan apa yang ALLAH larang karena dengan demikian kita akan mendapatkan kenikmatan hati dan ketentraman hidup sesuai dengan apa Yang ALLAH janjikan. dan kita fokuskan kehidupan kita hanyalah Untuk ALLAH Swt.......

Katakanlah, "Sesungguhnya shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam (Al-an'am:162)
tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)." (Al-an'am:163)



Disampaikan oleh: Ustz Wery
lokasi: Komplek Soreang Indah-Bandung


Tidak ada komentar:

Saran Dan kritik Sehat Anda.

KOSONGKAN KODE "CENTANG", , ""