Kajian Al-qur'an Pagi & Petang

Dan
bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas" (Al-kahfi:28)

Minggu, 25 Maret 2012

Apakah Jihad Itu Pasti Perang??

Alhamdulillah.... segala puji hanya milik ALLAH Robb semesta Alam. Saudaraku, Diindonesia sangat ramai sekali dengan isu-isu teroris, pengeboman, penangkapan seseorang yang diduga sbagai dedengkot teroris. dikalangan kaum muslimin juga ramai diserukan Semangat jihad! jika kita lihat diberanda FB, kita sering sekali membaca seruan jihad yang intinya ialah perang. Disini kami akan mengungkapkan beberapa Ayat Al-qur'an yang berkenaan dengan JIHAD.

ALLAH berfirman:

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. ..(Qs. Ali imran:142)

Ayat diatas sangat benar dan kami mengimaninya. tetapi jika Jihad yang disebutkan ayat diatas Mutlak Artinya PERANG maka bagaimana keadaan Diantara Para Sahabat, Tabi'in dan Ulama-ulama yang meninggalkan dunia sedang mereka belum pernah berperang fisik melawan Orang kafir?? apakah mereka akan masuk Neraka karena selama hidupnya belum pernah Berpeang??. Sekali lagi mari kita Perhatikan Ayat diatas, ayat tersebut di tekankan bahwa Apakah kamu mengira akan masuk surga sebelum yata orang uang Berjihad! Sekarang yang perlu menjadi pertanyaan Jika JIhad pada ayat diatas di artikan dengan perang melawan Orang -orang kafir, maka pengertian auat diatas akan berubah sebagai berikut: Apakah kamu mengira akan masuk surga sebelum nyata bagi ALLAH orang uang Berperang melawan Orang kafir! Jika memang Jihad itu diartikan hanya perang melawan orang - orang kafir maka bagaimana nasib Diantara para sahabat, Tabiin, Ulama kita yang beriman yang selama hidupnya tidak pernah berperang melawan orang kafir hingga kematian menghampirinya, apakah mereka tidak akan masuk surga???!!

Oleh karena Itu sengaja kami membikin entri seperti ini agar menjadi renungan bagi Para mujahid dan Mujahidah agar tidak mengartikan Jihad itu hanyalah perang. dan kami mengajak mari kita sama sama belajar membaca dan memahami Alquran, Hadist,Tafsir dan Kisah-kisah nabi dan sahabat agar kita semakin memahami MAKNA JIHAD YANG SEBENARNYA!

Sebagai bahan Renungan: MAri kita renungkan Ayat-ayat dibawah ini agar kita tidak salah dalam memahami ma'na JIHAD (PERANG) sebagai Syarat satu-satunya masuk Kedalam Surga!

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (Qs. Albaqarah:25)

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, ..(Qs. Ali imran:133)

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.(Qs. Ali imran:134)

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (Qs. Ali imran:135)

Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal. (Qs. Ali imran:136)

Sekian .., Semoga Ayat Ayat ALLAH diatas Menjadi Cahaya didalam Hati kita!

Tidak ada komentar:

Saran Dan kritik Sehat Anda.

KOSONGKAN KODE "CENTANG", , ""